Cara Mengelola Event

  • Post author:
  • Post category:Blog
  • Post comments:0 Comments
Cara Mengelola Event

Cara Mengelola Event

Cara Mengelola Event? Yuk Simak Ada 8 Tips Ini

Berencana mengadakan event tapi bingung mulai dari mana? Untuk mengadakan event besar maupun kecil. Persiapkan perencanaan yang matang dan kinerja tim yang baik, lebih baik lagi pilih tim yang berkompeten dalam menangani event.

Yuuk simak ada 8 tips cara mengelola event yang baik dan benar.

Menyiapkan tema dan konsep event

Salah satu faktor yang penting dalam cara mengelola event yaitu tema dan konsep event. Tema yang unik dan konsep anti mainstream lebih berkesan bagi para orang-orang yang terlibat di dalamnya. Tuangkan ide kreatif kalian bersama-sama dan jadikan satu ide konsep yang luar biasa untuk kesuksesan event.

Cara Mengelola Event

 

Pembagian tugas dalam tim

Langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah pembagian beberapa divisi event. Bagilah panitia ke beberapa divisi dan pastikan tiap divisi mempunyai job desc yang jelas. Dalam rangka untuk memastikan kelancaran penyelenggaraan, setiap orang harus paham dengan peran masing-masing. Hal ini dapat dipastikan melalui penyusunan jadwal rinci event ditambah dengan peran dan tanggung jawab untuk setiap orang.

Cara Mengelola Event

Kolaborasi dengan sponsor

Mendapatkan sponsor terkemuka untuk berpartisipasi dalam sebuah event akan membantu meningkatkan kredibilitas event, serta mengurangi biaya. Sponsor juga dapat membantu dengan pemasaran, karena mereka juga membantu mempublikasikan event untuk pelanggan mereka. Selain itu, beberapa sponsor dapat menyewa tempat dalam pertukaran untuk ruang pameran atau publisitas untuk diri mereka sendiri. Beberapa sponsor juga memerlukan presentasi singkat profil perusahaan mereka kepada para peserta selama event. Selain itu juga dapat memberikan contoh produk atau hadiah kepada peserta.

 

Cari plakat berkualitas? kreasi plakat solusi plakat untuk anda berbagai macam plakat, trophy piala seperti kayu, resin, akrilik, marmer,dll. Hubungi kontak yang tertera di website ini.

 

Pemasaran 

Pemasaran sebuah seminar atau event adalah tugas yang penting dan terkadang paling menantang bagi penyelenggara, dan sering dianggap sebagai faktor yang paling penting dari keberhasilan suatu event. Hal ini karena jumlah peserta yang akan hadir sangat tergantung pada kekuatan kegiatan pemasaran dan publikasi. Apakah event mampu mencapai tujuannya atau apakah penyelenggara akan berjalan pulang dengan keuntungan atau kerugian sangat tergantung pada daya jual event. Ini berarti bahwa strategi pemasaran yang tepat harus diadopsi dalam rangka untuk menarik jumlah peserta yang memadai.

Di era modern ini strategi pemasaran yang paling menunjang yaitu dengan digital content, lewat media sosial yang cangkupannya sangat luas akan memudahkan jangkauan ke target peserta event.

 

Mendatangkan pembicara yang kompeten

Mengundang pembicara yang kompeten dan memiliki reputasi untuk sebuah event yang relevan dengan pekerjaan, industri atau bisnis calon peserta. Hal ini akan mampu menarik pengunjung yang banyak. dan jangan lupa untuk berikan penghargaan berupa plakat untuk pembicara.

 

Persiapkan rundown

Cenderung kebanyakan orang menyepelekan rundown dan berakibat fatal pada event yang diselenggarakan. Pastikan buat rundown jauh-jauh hari untuk mempersiapkan event , dengan perencanaan yang matang dan anggota tim memahami betul isi event tersebut.

Persiapkan plan A / B

Menyiapkan planning lebih dari satu juga penting dalam penyelenggaraan event. Kalian tidak mau kan kalau acara batal atau gagal karena hal yang tidak terduga. Jadi pastikan punya plan B yang sama intensitasnya dengan plan utama.

Teamwork

Konsep event yang menarik, perencanaan yang matang tidak akan berarti apa-apa jika tidak adanya teamwork yang baik. Bisa dikatakan kerja sama tim hal paling menentukan kesuksesan dalam sebuah event. Maka dari itu pastikan komunikasi antar anggota tim berjalan dengan baik. Hindari kesalahpahaman yang tidak perlu, dan satu hal lagi dalam keberlangsungan antar tim haruslah berpikir jernih.

Saling percaya satu sama lain antar anggota tim adalah kunci utama untuk kesuksesan sebuah event.