You are currently viewing Contoh Desain Plakat Akrilik dan Proses Pembuatannya
  • Post author:
  • Post published:5 Agustus 2021
  • Reading time:5 mins read

 457 dilihat

Contoh Desain Plakat Akrilik dan Proses Pembuatannya

Sifatnya yang transparan membuat akrilik sangat menyerupai bahan kaca sehingga sering digunakan sebagai bahan pembuatan piala dan plakat. Ada banyak sekali contoh desain plakat akrilik yang tersedia, masing-masing dengan kelebihan atau keunggulannya sendiri.

Pembuatan plakat dari bahan dasar akrilik tidak terlalu sulit, bahkan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Anda pun bisa menciptakan plakat yang lebih menarik dan spesial karena merupakan hasil dari proyek DIY atau Do It Yourself. Bagaimana cara menciptakan plakat akrilik dengan mudah?

Pemotongan Akrilik
Pemotongan akrilik dengan mesin laser

Proses Pembuatan Plakat dari Bahan Akrilik

Akrilik diminati oleh banyak orang karena berbagai alasan. Bahan ini sangat ringan, jauh lebih ringan dari bahan kaca, tapi punya tampilan yang sama indahnya dengan kaca. Selain itu, harga plakat yang terbuat dari akrilik juga jauh lebih murah dibandingkan dengan plakat yang terbuat dari bahan lain.

Plakat akrilik sendiri bisa dibuat dengan mudah, yaitu dengan mengikuti beberapa langkah pembuatan plakat akrilik berikut ini.

  1. Menentukan desain plakat akrilik

tentukan desain

Desain yang digunakan untuk membuat plakat akrilik bisa diambil dari berbagai contoh desain plakat akrilik. Biasanya, desain plakat disesuaikan dengan tema suatu acara yang akan dilaksanakan. Contohnya adalah plakat dengan bentuk kue ulang tahun untuk diberikan pada hari ulang tahun.

Selain bentuk, kata-kata yang akan dituliskan di plakat juga harus dipikirkan dengan matang. Biasanya, ada nama acara, nama perusahaan, tanggal dilakukan kegiatan, atau kata-kata mutiara yang bisa dicantumkan di plakat akrilik yang akan diberikan pada seseorang.

Pastikan desain plakat yang Anda tentukan sudah mencakup bentuk dan kata-kata yang cocok. Bisa juga ditambahkan dengan aksesoris seperti tempat meletakkan pena atau tambahan lampu LED.

  1. Memilih ukuran plakat berbahan akrilik

ukuran

Setelah menentukan desain, Anda perlu mempertimbangkan ukuran plakat yang akan diberikan. Biasanya, plakat berukuran 21 x 16 x 5 cm. Ada juga yang membuat plakat berukuran 12 x 9,5 cm. Tentukan ukuran sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Melakukan pemotongan bahan akrilik

Pemotongan Akrilik

Proses pemotongan bisa dilakukan dengan dua cara berbeda, yaitu dengan teknik manual maupun dengan teknik laser. Untuk hasil yang jauh lebih akurat dan rapi, gunakan teknik laser daripada teknik manual. Tapi kalau tidak ada laser, Anda bisa memotong akrilik secara manual.

  1. Menambahkan gambar dan tulisan

opsi pengukiran khusus untuk plakat piala custom

Langkah yang satu ini bisa dilakukan dengan menggunakan proses printing atau dengan proses sablon. Hadirnya gambar dan tulisan bisa membuat desain plakat akrilik terlihat jauh lebih indah dan tidak membosankan karena ada lebih banyak warna yang ada di plakat tersebut.

  1. Menyelesaikan proses dengan tahap finishing

Tahap akhir atau finishing dibutuhkan untuk merapikan dan memperhalus bahan akrilik yang digunakan untuk membuat plakat. Anda bisa menggunakan amplas untuk melakukan proses ini, setelah di amplas, permukaan bahan akrilik akan menjadi lebih indah dan lebih nyaman saat dipegang.

Solusi Pembuatan Plakat Akrilik Terbaik

Jika Anda tidak mempunyai peralatan yang lengkap untuk membuat plakat akrilik sendiri atau terlalu sibuk untuk proyek semacam ini, Anda bisa memilih contoh desain plakat akrilik yang paling menarik minat Anda lalu melakukan pemesanan plakat akrilik di https://kreasiplakat.com.

Baca Juga: 3 Jenis Plakat Kenang kenangan

Berbagai contoh desain sudah tersedia di situs web Kreasi Plakat untuk memudahkan Anda dalam menentukan desain yang terbaik. Atau, Anda bisa menghubungi customer service Kreasi Plakat melalui telepon atau WhatsApp dan mendiskusikan kebutuhan plakat Anda dengan pengrajin terpercaya.