Medali: Sejarah dan Jenis-Jenisnya
  • Post author:
  • Reading time:3 mins read

 26 dilihat

Medali merupakan tanda jasa atau penghargaan untuk perorangan karena telah menorehkan prestasi atau dedikasi. Bagi penerimanya, tentunya memiliki makna yang mendalam. Pasalnya, tidak semua orang bisa menerimanya dengan mudah dan harus berjuang.

Sejarah Penggunaan Medali

Dalam sejarah, penggunaannya pertama kali sebagai penghargaan sudah ada sejak abad ke-4 sebelum masehi. Alexander Agung memberikannya kepada pemuka agama bernama Jonathan Apphus. Ia mendapat penghargaan tersebut lantaran telah memberikan bantuan dan pengakuan sebagai kerabat kerajaan. Setelah itu, penggunaannya adalah untuk hadiah dalam dunia kemiliteran dan politik.

Penggunaan medali menyebar secara luas dalam berbagai keperluan sejak abad ke-18. Selain sebagai penghargaan dan pengakuan, penggunaan lainnya adalah sebagai hadiah dalam olimpiade. Sejarah mencatat, awalnya juara pertama olimpiade menerima medali perak karena adanya kekurangan dana.

Awalnya, pemberi medali menyematkannya pada baju karena bentuknya menyerupai koin dan umumnya terbuat dari logam perak atau emas sehingga dapat menjadi hiasan. Seiring berkembangnya zaman, kemudian ada tambahan tali. Dengan begitu, dapat penerimanya akan menggunakannya layaknya kalung.

Jenis-Jenis Medali

Pembedaan jenis-jenis medali berdasarkan beberapa kategori. Misalnya saja, berdasarkan bahan pembuatnya, tujuan pemberian, hingga tingkat atau juara. Berikut ini adalah jenis-jenis medali berdasarkan kategori-kategori tersebut.

  • Berdasarkan Bahan Pembuat

Berdasarkan bahan pembuatnya terdiri tiga jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis medali berdasarkan bahan pembuatnya.

Medali Penghargaan IMA

  1. Logam. Jenis ini familier bagi masyarakat. Kebanyakan terbuat dari bahan logam kuningan. Setelah jadi, barulah ada pewarnaan dengan warna emas, perak, atau perunggu. Namun, ada juga yang benar-benar terbuat dari logam emas, perak, dan emas. Umumnya, jenis ini menjadi hadiah perlombaan.
  2. Akrilik. Jenis ini menjadi penghargaan dalam acara wisuda. Biasanya, wisuda jenjang pendidikan anak usia dini atau taman kanak-kanak memberikan jenis ini. Jenis ini sangat cocok untuk usia anak-anak karena bobotnya ringan sehingga tidak membebani.
  3. Plastik. Sama halnya dengan akrilik, jenis ini juga ada pada acara wisuda pendidikan usia dini. Selain berbobot ringan, harganya juga lebih terjangkau.
  • Berdasarkan Tujuan Pemberian

Berdasarkan tujuan pemberian, medali juga dapat terdiri dari tiga jenis. Berikut ini adalah jenis-jenisnya berdasarkan tujuan pemberian.

Medali SMP YPS

  1. Wisuda. Jenis ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas capaian belajar yang diraih para wisudawan dan wisudawati. Biasanya, terbuat dari bahan logam. Untuk bentuknya, terkadang juga berbentuk mirip dengan logo lembaga yang mewisuda.
  2. Perlombaan. Jenis ini diberikan dalam ajang perlombaan. Beberapa perlombaan olahraga biasanya menjadikannya sebagai hadiah utama. Selain itu, diberikan juga dalam ajang olimpiade sains.
  3. Penghargaan. Jenis ini diberikan kepada seseorang atau kelompok karena sudah berprestasi atau berdedikasi. Tidak melulu berbentuk bulat, dapat juga berbentuk bintang. Seperti yang kita ketahui, bintang memang identik dengan penghargaan.
  • Berdasarkan Tingkat atau Juara

Dalam suatu perlombaan, umumnya ada juara pertama hingga ketiga. Berikut ini adalah jenis-jenisnya berdasarkan tingkat atau juara.

Medali Lomba Desa Kelurahan

  1. Emas. Juara pertama dalam sebuah ajang perlombaan berhak menerima jenis ini.
  2. Perak. Juara kedua dalam sebuah ajang perlombaan berhak menerima jenis ini.
  3. Perunggu. Juara ketiga dalam sebuah ajang perlombaan berhak menerima jenis ini.

Tingkat juara menentukan juga hadiah yang diterima, termasuk medali. Medali perlombaan umumnya terbuat dari bahan logam. Kebanyakan dari logam kuningan yang diberi warna emas, perak, atau perunggu. Akan tetapi, ada juga yang terbuat dari emas, perak, atau perunggu.

Jika Anda membutuhkan medali, Anda bisa memesannya di sini. Anda akan mendapatkan medali berkualitas sesuai dengan harapan. Anda juga bisa membeli souvenir lainnya, seperti plakat, piala, dan masih banyak lagi.