You are currently viewing Miniatur Rumah Adat untuk Melestarikan Budaya
  • Post author:
  • Post published:14 Januari 2021
  • Reading time:5 mins read

 840 dilihat

Miniatur rumah adat menjadi salah satu benda yang sangat cocok menjadi souvenir. Souvenir miniatur memang kerap dijadikan souvenir bagi perusahaan-perusahaan tertentu. Pasalnya, souvenir miniatur tidak hanya menjadi pajangan, tetapi dapat juga menjadi refleksi atau cerminan dari benda asli meskipun tidak terlalu mirip.

Souvenir miniatur rumah adat dapat juga menjadi salah satu bentuk upaya dalam melestarikan budaya. Sebab, rumah adat merupakan budaya Indonesia. Rumah adat adalah rumah khas dari daerah-daerah di Indonesia. Rumah adat menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Setiap provinsi di Indonesia memiliki rumah adat tersendiri. Bahkan, terkadang di satu provinsi terdapat beberapa rumah adat karena setiap wilayah berbeda. Rumah adat juga memiliki filosofi yang berbeda-beda.

Miniatur Rumah Adat sebagai Bentuk Pelestarian Budaya

Karena termasuk warisan budaya, rumah adat sudah seharusnya kita lestarikan. Pelestarian rumah adat dapat terwujud dalam bentuk souvenir miniatur. Sebelum melihat souvenir miniatur rumah adat, kita kenali beberapa jenis rumah adat yang terkenal di Indonesia.

  • Rumah Joglo

Rumah joglo menjadi rumah adat bagi masyarakat Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap bagian rumah mengandung filosofi Jawa yang sangat kental. Dari luar terlihat jika rumah joglo menggunakan kayu untuk membangunnya.

  • Rumah Gadang

Rumah khas Minangkabau, Sumatra Barat ini terlihat unik penampilannya. Bagian atap rumah tampak berbentuk lancip. Hal unik lainnya dari rumah gadang adalah jumlah kamar tergantung dengan jumlah perempuan yang tinggal di rumah tersebut.

  • Rumah Kebaya

Rumah kebaya merupakan rumah adat dari Betawi. Seperti pada umumnya, rumah kebaya juga mengandung makna filosofis. Makna tersebut, di antaranya, kekeluargaan, keterbukaan, keramahan, dan keharmonisan.

  • Rumah Limas

Rumah limas merupakan rumah adat Sumatra Selatan. Ada beberapa tingkatan pada rumah limas yang memiliki filosofi masing-masing. Filosofi tersebut terdiri dari usia, jenis, bakat, pangkat, dan martabat.

  • Rumah Tongkonan

Dari Sulawesi Selatan terdapat rumah adat tongkonan. Rumah ini memiliki bentuk yang unik. Atap berbentuk melengkung seperti badan kapal. Struktur rumah ini menyerupai rumah panggung yang memiliki beberapa tiang penyangga.

Selain rumah adat di atas, tentu saja masih banyak rumah adat yang ada di Indonesia. Misalnya saja, rumah adat Baduy, rumah adat Mandar, rumah panggung Minahasa, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Souvenir Miniatur Truk sebagai Souvenir Perusahaan

Contoh Souvenir Miniatur

Kita sudah menyimak beberapa rumah adat yang ada di Indonesia. Sekarang, saatnya kita melihat contoh souvenir miniatur rumah adat. Berikut ini adalah beberapa contohnya.

  • Souvenir Miniatur Rumah Honai

Honai merupakan rumah adat khas Papua. Rumah adat ini berbentuk tabung dengan atapnya berbentuk seperti kubah. Dinding rumah adat ini terbuat dari anyaman dan atapnya terbuat dari jerami. Sementara itu, untuk souvenir miniaturnya dapat dibuat dari bahan logam yang diwarnai emas.

Miniatur Rumah Adat Hanoi Papua

  • Souvenir Miniatur Rumah Ulu

Rumah ulu merupakan rumah adat khas Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan. Rumah adat ini berbentuk rumah panggung. Berbentuk rumah panggung karena masyarakatnya tinggal di sekitar sungai. Saat dibuat souvenir miniatur, rumah ulu dapat dibuat menggunakan bahan logam yang diberi warna emas.

Miniatur Rumah Adat Limas Sumatera Selatan

  • Souvenir Miniatur Rumah Limas

Limas seperti yang sudah dijelaskan merupakan rumah adat khas Sumatra Selatan. Bernama limas karena memang bentuknya limas. Sama seperti rumah ulu, rumah limas juga berupa rumah panggung. Souvenir miniatur juga dapat terbuat dari bahan logam berwarna emas.

Miniatur Rumah Adat Sumatera Selatan

Jika menginginkan souvenir miniatur, Anda bisa memesannya di KreasiPlakat. Informasi dan pemesanan dapat dilakukan di sini.