Tips Merawat Kerajinan dari Logam yang Perlu Diketahui
  • Post author:
  • Reading time:2 mins read

 15 dilihat

Kerajinan logam atau metal memiliki beberapa manfaat. Kerajinan tersebut dapat menjadi souvenir perusahaan, hadiah untuk klien, hingga sekadar menjadi pajangan. Bentuk kerajinan ini pun beragam. Ada yang berupa souvenir miniatur. Ada juga yang berupa patung hingga bermacam-macam pernak-pernik lainnya. Bahkan, ada juga yang berwujud aksesori yang bisa menjadi penghias penampilan.

Kerajinan Logam

Ada berbagai jenis metal yang menjadi bahan dasar kerajinan. Jenis logam yang paling banyak digunakan adalah tembaga dan kuningan. Namun, ada juga yang menggunakan alumunium, besi, dan baja. Bahkan, ada yang menggunakan logam mulia seperti emas dan perak.

Tips Merawat Kerajinan Logam

Agar lebih awet dan tahan lama, tentunya kerajinan logam harus mendapat perawatan yang benar. Jika asal-asalan, bisa jadi kerajinan tersebut akan berkarat dan tidak indah lagi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat kerajinan logam yang bisa menjadi tuntunan.

  • Menyimpan di tempat sejuk – Hampir semua jenis logam sebaiknya tidak langsung terkena dengan sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Pasalnya, jika hal tersebut terjadi, bukan tidak mungkin warna logam akan pudar bahkan berkarat. Oleh karena itu, kerajinan logam sebaiknya tersimpan di tempat sejuk.
  • Meletakkan di tempat khusus – Tidak hanya sejuk, sebaiknya kerajinan juga tersimpan di tempat khusus. Hal ini akan memudahkan kita ketika ingin menggunakan jika kerajinan berupa aksesori. Jika berupa pajangan, kerajinan sebaiknya tersimpan rapi di lemari display.
  • Menghindari terkena air garam dan air asam – Air garam dan air asam dapat mengubah warna kerajinan jika terkena langsung. Oleh karena itu, kerajinan sebaiknya harus dihindarkan dari air garam dan air asam. Jika tidak sengaja terkena, harus segera kita lap.
  • Membersihkan secara rutin – Kerajinan harus secara rutin kita bersihkan. Kita bisa membersihkannya dengan kain halus agar tidak merusak permukaan kerajinan. Untuk bagian yang sulit terjangkau bisa menggunakan sikat yang tentunya memiliki tekstur halus. 
  • Menghindari zat pembersih berbahan kimia berbahaya – Di pasaran, ada beberapa zat pembersih. Jika memutuskan untuk menggunakan, harus selektif agar tidak merusak kerajinan. Kita juga bisa menggunakan bahan-bahan alami.

Itulah beberapa tips dalam merawat kerajinan logam. Tips tersebut bisa kita terapkan untuk menjaga keindahan dan keawetan kerajinan.

Adapun beberapa kerajinan logam berupa lambang garuda pancasila yang bisa anda lihat di sini

Kerajinan logam memang menarik untuk hadiah atau souvenir. Anda bisa memesan kerajinan dengan kualitas unggulan di KreasiPlakat. Informasi dan pemesanan dapat menghubungi customer service kami. Kami pastikan Anda mendapatkan kerajinan yang berkualitas.